Minggu, 21 November 2010

Berbaik-Baiklah Pada Pelanggan

Salah satu kunci sukses dalam berusaha adalah menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan dan calon pelanggan. Pelanggan yang puas akan menjadi pengguna setia, bahkan menjadi pemasar aktif produk kita.

Cros and Garret Smith konsultan bisnis dunia, mengungkapkan hubungan baik bisa dicapai lewat beberapa langkah :

Pertama, membuat nama merek familiar dengan kebanyakan pasar sasaran yang dituju (awareness bonding). Merek yang mudah dilafalkan masyarakat sasaran, biasanya jauh lebih mudah dikenal dan diingat konsumen saat bertransaksi.

Kedua, menciptakan loyalitas merek (identifying bonding) dengan membuat merek berdasar komunitas, ikatan emosional kelompok sasaran dan lain-lain. Misalnya kelompok merek Bintang Songo bisa dibuat dalam berbagai penamaan yang sesuai. Misalnya, produk pakan ternak menggunakan BISON, hasil pertanian menggunakan BINGO. Dengan singkatan apapun, kepanjangannya tetap Bintang Songo.

Ketiga, membangun konsep hubungan dua arah antara produsen dan konsumen (relationship bonding) sehingga produsen dapat mendengar langsung keinginan konsumen untuk dipilah dan dipenuhi. Keempat, menciptakan ikatan melalui pembentukan komunitas (community bonding). Para pengguna difasilitasi mengaktualisasikan diri melalui komunitas merek, misalnya melalui seminar, kumpul-kumpul atau tur.

Kelima, advocacy bonding, yaitu menggerakkan konsumen menjadi pemakai sekaligus pemasar. Inilah tahap akhir dalam penciptaan hubungan yang baik dengan pelanggan.

Konsumen yang dianggap raja bisa diubah menjadi pemasar yang baik untuk produk kita. Kuncinya, kembangkan hubungan baik dan terus-menerus. Bagaimana dengan Anda?

Sumber : http://www.surya.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar