Minggu, 21 November 2010

Berikan Layanan Terbaik


Banyak usaha gagal di pasar, bukan karena kulitas produk yang kurang bagus. Akan tetapi karena faktor lain yang seringkali kurang disadari dan kurang memperoleh perhatian dari produsen beserta jaringan distribusinya (distributor, sub distributor, agen sampai pengecer).
Salah satunya, adalah upaya untuk memberi layanan terbaik. Terlebih lagi jika bergerak dalam layanan jasa. Pengembangan layanan menjadi sangat penting, karena akan muncul kepercayaan. Bisnis jasa sangat butuh kepercayaan. Sebagai contoh, dalam bisnis keuangan. Begitu kepercayaan hilang, nasabah akan beramai-ramai mengambil dananya.
Oleh karena itu, semua elemen perusahaan mulai dari top manajemen sampai frontliner harus bersama membangun service quality (product, process, people, place)yang prima. Mereka juga harus peka terhadap kebutuhan nasabah, inovatif, produktif, dan cepat tanggap memberi solusi sesuai harapan nasabah.
Beberapa hal yang dapat dijadikan pertimbangan, antara lain :
Pertama, penetapan standar layanan yang pasti dari perusahaan mulai pra, saat dan purna transaksi. Dengan ini, pelanggan akan dapat memperoleh kepastian prosedur, jaminan, dan berbagai hal lain sesuai dengan standar yang ditetapkan. Ketika pelanggan bertemu dengan siapa saja, akan mendapatkan layanan yang sama tanpa membedakan status.
Kedua, berikan layanan yang lebih sensier (tulus dan tidak terkesan basa-basi). Ketulusan, dapat memberikan kenyamanan yang lebih bagi pelanggan. Dengan ini, pelanggan akan merasa seperti dalam satu lingkungan keluarga besar.
Ketiga, saat-saat tertentu berikan kejutan bagi pelanggan. Kita dapat menggelar acara terutama program peningkatan loyalitas pelanggan (loyalty program costumer), melalui gathering perusahaan dengan konsumen. Pola lain juga dapat dilakukan dengan memberikan hadiah dalam bentuk barang, jasa service, ataupun kejutan kedatangan ke rumah pelanggan.
Keempat, kecepatan dan ketepatan dalam melayani keluhan pelanggan. Kalau diamati hampir tiap hari di media muncul keluhan yang tak tertangani secara baik. Akibatnya image perusahaan bisa amburadul karena terbaca oleh banyak orang.
Berbagai alternatif di atas, merupakan wujud memberikan yang terbaik. Jika beruntung, akan muncul kebanggaan pelanggan guna peningkatan citra perusahaan dalam jangka panjang. Selamat mencoba!
Sumber : http://www.surya.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar