Minggu, 21 November 2010

Kenali Pelanggan Anda dengan Lebih Baik

Ada beberapa tipe konsumen yang perlu memperoleh perhatian dan kecermatan pengusaha dalam mengadakan pendekatan pemasaran.

Tipe inisiator senang memberi masukan berbagai hal tentang produk, juga aktif menjadi yang pertama dalam perubahan perusahaan. Tipe influenter suka mempengaruhi pihak lain untuk menggunakan layanan perusahaan. Terakhir, tipe decider yaitu orang yang independen, mengambil keputusan.

Thomas S Caroll pimpinan perusahaan penyewaan truk Lever Brothers memberikan beberapa tips agar mengenali pelanggan perusahaan. Cara tersebut adalah dengan menggali berbagai hal tentang pelanggan. Beberapa pertanyaan dalam wawancara tersebut :

Pertama, pertanyaan tentang produk perusahaan dan pesaing. Dengan ini perusahaan bisa menggali apakah terjadi perubahan pandangan konsumen terhadap produk atau tidak. Begitu juga dengan posisi pesaing dimata pelanggan.

Kedua, menggali motivasi konsumen dalam menggunakan produk. Perusahaan bisa mengetahui latar belakang konsumen dalam bertransaksi sampai pada hal-hal khusus yang diinginkan dari produk.

Ketiga, bagaimana konsumen menggunakan produk. Perusahaan bisa mengetahui kebiasaan konsumen, kemudian bisa segera membuat penyesuaian.

Keempat, perusahaan bisa meminta pendapat konsumen tentang pengembangan yang dilakukan agar tidak memperoleh penolakan dikemudian hari.

Kelima, apa yang diharapkan dari produk perusahaan. Dalam menggunakan produk, produsen tentu ingin memperoleh manfaat seperti harapannya.

http://www.surya.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar