Minggu, 21 November 2010

Tingkatkan Reputasi Usaha CSR

Membangun sebuah usaha bukan berarti mengambil semua manfaat untuk kepentingan pengusaha, ada fihak lain yang juga harus memperoleh nilai tambah. Inilah yang disebut sebagai tanggung jawab sosial sebuah usaha terhadap lingkungan, atau disebut Corporate Sosial Responsibility (CSR).

Model ini sebetulnya telah berkembang dalam budaya bangsa Indonesia. Dulu kalau orang memanen padi menggunakan cara gebyok di bantalan kayu selalu tidak dibikin sangat bersih. Karena mesti disisakan bagi yang tidak punya sawah untuk ngasak (mencari sisa gebyokan padi), guna memenuhi kebutuhan pangan sanak keluarganya. Bagitu juga, ketika petambak memanen udang dan bandeng, sebagai wujud solidaritas tidak dipanen semua karena memberi kesempatan masyarakat sekitar untuk mengais sisanya.

Terdapat beberapa hal kenapa pengusaha penting melakukan hal tersebut.

Pertama
, kepedulian perusahaan terhadap lingkungan baik masyarakat, pemerintah maupun kelestarian ekosistem lingkungan dapat menumbuhkan rasa aman dan ketenangan. Jangan sampai timbul kesan, keberadaan perusahaan akan merusak tatanan lingkungan sekitar, baik lingkungan kemasyarakatan, pemerintahan maupun lingkungan alam.

Kedua
, menjaga agar keberlangsungan usaha perusahaan dapat lebih terjamin. Dengan kepedulian dan empati yang diberikan, masyarakat dan pemerintah tidak ragu lagi dengan keseriusan perusahaan untuk turut serta menjaga lingkungan. Kalau sudah demikian, walaupun tidak diminta akan turut menjaga keamanan perusahaan.

Ketiga
, CSR dapat juga meningkkan reputasi bisnis. Dengan pola pemberian yang tepat, perusahaan dapat menunjukkan sisi beda dengan yang lain sehingga menciptakan pandangan yang lebih baik. Masyarakat, pemerintah dan berbagai fihak akan melihat perusahaan yang melaksanakan tanggung jawab dengan lebih baik, sebagai perusahaan yang mempunyai integritas dan praktek bisnis terbaik.

http://www.surya.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar