Senin, 22 November 2010

Usaha Jalan, Ajukan Proposal

Sektor permodalan lagi-lagi menjadi salah satu kendala pengembangan usaha UKM. Persyaratan yang umumnya sulit dipenuhi UKM ketika berhadapan dengan perbankan, membuat mereka memilih berjalan dengan modal sendiri yang terbatas.

Kewajiban kalangan BUMN menyalurkan sebagian laba bersihnya untuk program kemitraan bagi UKM, merupakan salah satu solusinya.

Kabag Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII, Soepeno Aji mengatakan, program kemitraan yang sudah dijalankan pihaknya selama ini banyak membantu UKM sektor industri kecil atau produk rumahan, serta pedagang kecil.

“Mereka mendapatkan kredit dengan bunga 6 persen per tahun,” jelas Soepeno, Jumat (2/4).

Menurutnya, kepedulian BUMN dalam memberikan bantuan kepada UKM didasari oleh besarnya potensi sektor itu untuk berkembang, selain diharapkan akan mampu menyerap tenaga kerja baru.

Sebetulnya, lanjutnya, tak sulit bagi UKM untuk bisa mendapatkan bantuan dalam program kemitraan ini. Terutama, usaha UKM bersangkutan minimal harus sudah berjalan selama setahun. Selain itu, usahanya harus prospektif, serta memiliki identitas yang jelas dan benar.

“Jika usahanya sudah berjalan, silakan mengajukan proposal, disertai keterangan soal omzet, aset dan identitas pemilik,” ulas Soepeno. surya.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar